» ARTIKEL-ARTIKEL TERKAIT  

DIBUKA R-LEWS LIPI : SARANA PURWARUPA DETEKSI LONGSOR DINI WAKTU-NYATA

Sebagai salah satu bentuk kontribusi LIPI, dan khususnya Grup Fisika Teori dan Komputasi - GFTK, untuk membantu masyarakat melakukan mitigasi bencana longsor telah diluncurkan R-LEWS LIPI di :

http://lews.teori.fisika.lipi.go.id

R-LEWS LIPI adalah purwarupa sistem deteksi dini longsor waktu-nyata berbasis sensor MEMS. R-LEWS dikembangkan oleh kolaborasi Grup Fisika Teori dan Komputasi - GFTK dan Grup Terahertz Photonics - GTP di Pusat Penelitian Fisika - P2 Fisika LIPI dengan peneliti utama Bambang Hermanto. Topik sistem deteksi tanah longsor dimotivasi oleh aneka bencana longsor yang sering terjadi di sepenjuru tanah air, dan penelitian dimulai pada pertengahan tahun 2010.

Berbeda dengan pendekatan di GTP yang mengembangkan sistem berbasis sensor serat optik, GFTK mengembangkan sistem berbasis sensor microelectromechanical systems - MEMS. Sistem ini jauh lebih murah, mudah dirawat dengan biaya total (implementasi dan perawatan) yang jauh lebih murah. Pendekatan ini sebagai kelanjutan dari pengalaman GFTK dalam mengembangkan LIPI Public Cluster - LPC serta aneka aplikasi turunannya seperti LIPI Modular and Networked Robot - LMNR.

Fitur-fitur utama :

Tertarik untuk mengimplementasikan sistem ini bagi lingkungan Anda ? Silahkan kontak kami di surat-e : gftk [AT] mail.lipi.go.id...

Selamat mencoba dan memanfaatkan !

Sumber : R-LEWS LIPI (http://lews.teori.fisika.lipi.go.id)


» cetak
» tutup